|| nuli bakal lair | sawijining manungsa kang linuwih, kapilih | kang miwiti uripe nyarira batur najis | nanging ing titiwancine piyambake bakal madeg raja tinresnan | kang bakal kalebu ati marang kawulane nganti salawase...

|| dan kelak akan lahir | satu manusia yang dipilih | yang mengawali kehidupannya sebagai budak hina | namun kemudian menjadi raja | yang dikenang sepanjang waktu...

Jumat, 30 April 2010

Kisah Naskah Untung Surapati: Sebelum Penerbitan

salam,
awalnya naskah Untung Surapati ini telah diterima oleh Bentang Pustaka. saya membuatnya karena permintaan pak kris, pemimpin bentang saat itu. bulan agustus 2009 saya menyelesaikannya. waktu itu sekitar 275 halaman. blan desember 2009 naskah diterima, dan saya mendapat draft spp penerbitannya.
namun karena merasa kurang sreg saya meminta revisi. dan ternyata itu membutuhkan waktu sampai 5 bulan. dan bulan april barulah saya menyelesaikannya. nakah pu menggelembung menjadi 452 halaman.
namun berita mengejutkan dari bentang muncul di bulan juni. karena penjualan buku2 sejarah yang turun, mereka terpaksa memending penerbitan untung surapati. saya pun dengan berat hati menarik naskah tersebut.
hari itu juga saya kirim naskah itu ke tiga serangkai. dan hanya selang beberapa hari kemudian, setelah proses presentasi yang seru, akhirnya naskah diterima.
saya bersyukur naskah ini segera mendapat penerbitnya.
saya harap tiga serangkai dapat melahirkannya dengan baik... ;D

Tidak ada komentar:

Posting Komentar